Wabah Pneumonia Misterius di China, Kemenkes Minta Masyarakat Waspada :: Nusantaratv.com

Wabah Pneumonia Misterius di China, Kemenkes Minta Masyarakat Waspada

Wabah tersebut terjadi di Wuhan atau Beijing
Wabah Pneumonia Misterius di China, Kemenkes Minta Masyarakat Waspada
Kota di China. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - China digemparkan oleh wabah pneumonia misterius yang membuat seluruh negara-negara di Asia waspada. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengimbau masyarakat tetap tenang dan tak panik.

Baca juga: Provokasi China di Natuna Gara-gara Uighur Dipersoalkan? 

Adapun gejala umum dari pneumonia sendiri ialah demam, batuk, serta susah bernapas.

"Warga yang mengalami gejala tersebut harus segera berobat ke fasilitas layanan kesehatan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Kemenkes Anung Sugihantono, dalam keterangannya, Rabu (9/1/2020). 

Masyarakat pun diimbau untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. Konsumsi makanan bergizi dengan menu seimbang, dan lengkapi asupan dengan buah serta sayur. Lakukan juga aktivitas fisik selama 30 menit per hari. 

"Jangan lupa juga untuk istirahat cukup," ucapnya.

Di samping itu, masyarakat yang hendak melakukan perjalanan ke China, termasuk Hong Kong, Wuhan, atau Beijing, diminta memperhatikan perkembangan penyebaran penyakit itu. Masyarakat juga diingatkan agar berkonsultasi dengan otoritas kesehatan setempat. 

"Jika dalam perjalanan merasa berinteraksi dengan orang yang memperlihatkan gejala seperti pneumonia, segera lah berobat. Segera berobat pula jika gejala timbul saat telah tiba di Indonesia," jelas Anung. 

Diketahui, pneumonia misterius telah menginfeksi 59 orang di Wuhan, China. Tujuh orang di antaranya kritis.

Wabah ini terungkap sejak akhir Desember 2019 dan memicu kekhawatiran China kemunculan kembali penyakit severe acute respiratory syndrome (SARS). SARS adalah penyakit pernapasan akut akibat virus yang sempat menyebabkan pandemi di seluruh Asia.

Sampai sekarang penyebab wabah tersebut belum teridentifikasi. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0