Simak! Apakah Barang-barang Impor dari China Bisa Tularkan Virus Korona? :: Nusantaratv.com

Simak! Apakah Barang-barang Impor dari China Bisa Tularkan Virus Korona?

Sebuah paket dari China membutuhkan setidaknya tiga hari untuk tiba di California,
Simak! Apakah Barang-barang Impor dari China Bisa Tularkan Virus Korona?
Ilustrasi paket dari China (time.com)

Nusantaratv.com- Karena korona virus yang mematikan terus menyebar ke seluruh dunia, Anda mungkin bertanya-tanya: Apakah barang-barang impor dari Cina menimbulkan risiko kesehatan?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di situs webnya memperingatkan virus corona manusia yang paling umum menyebar melalui udara ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, kontak dekat dengan orang yang terinfeksi (berjabatan tangan, misalnya), tetapi juga dengan menyentuh benda.

Baca Juga : Usai Singapura, Israel Juga Larang Warga China Masukin Negaranya

Atau permukaan yang telah terkena virus, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata Anda dengan tangan yang kotor.

Tapi tidak perlu khawatir, kata para ahli kepada Fox News. Tidak mungkin virus akan selamat dari perjalanan dari Cina ke pintu depan Anda.

“Virus pada bahan yang mereka pesan tidak akan bertahan dalam perjalanan seperti itu. Di luar tubuh, kami percaya virus ini hanya bertahan pada objek yang beberapa menit hingga satu jam atau lebih, bukan pada hari-hari yang dibutuhkan barang Anda untuk bepergian ke seluruh dunia, ”Patricia A. Stinchfield, wakil presiden National Foundation for Infectious Diseases NFID), kepada Fox News dalam email. 

"Seperti biasa setelah menangani sesuatu, cuci tanganmu sebelum menyentuh mata, hidung, atau mulutmu."

Sebuah paket dari China membutuhkan setidaknya tiga hari untuk tiba di California, The Denver Post, mengutip perkiraan UPS dan FedEx, dilaporkan.  

Meskipun para ilmuwan masih bekerja untuk memahami virus baru, itu terkait erat dengan SARS, yang dapat hidup di permukaan selama sekitar dua hari, menurut sebuah studi 2003 University of Minnesota.

Baca Juga : Ahli Medis : Virus Korona Dapat Menyebar Melalui Mata

William Schaffner, direktur medis NFID, menggemakan Stinchfield. Dia mencatat bahwa sementara menyentuh permukaan yang terinfeksi virus dapat menjadi cara untuk menularkannya, metode ini "kecil jika dibandingkan dengan transmisi pernapasan." "Sering mencuci tangan" penting dalam mencegah penyakit secara umum, tambahnya.

Virus corona baru yang disalahkan atas penyakit itu dimulai di pasar hewan dan makanan laut hidup di kota Wuhan di Cina dan sejak itu menyebar ke sejumlah termasuk Amerika Serikat.

 Korban tewas dari virus meningkat menjadi 213 pada hari Jumat, dengan total 9.692 terinfeksi. Jumlah kasus telah meningkat lebih dari sepuluh kali lipat dalam seminggu, dengan 43 kematian baru dilaporkan pada hari Jumat, terbesar dalam periode 24 jam.

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0