Seberapa Mematikannya Virus Korona? :: Nusantaratv.com

Seberapa Mematikannya Virus Korona?

virus baru dan bermasalah biasanya berasal dari hewan inang. Ebola dan flu adalah contohnya.
Seberapa Mematikannya Virus Korona?
(Foxnews)

Nusantaratv.com- Virus korona atau coronavirus baru merupakan virus yang berasal dari hewan. 

Banyak dari mereka yang terinfeksi virus ini saat tengah bekerja atau sering berbelanja di pasar grosir makanan laut Huanan di pusat kota Cina, yang juga menjual hewan hidup dan yang baru disembelih.

Melansir The Guardian,  virus baru dan bermasalah biasanya berasal dari hewan inang. Ebola dan flu adalah contohnya.

Apa coronavirus lain yang pernah ada?

Sindrom pernapasan akut parah (SAR) dan sindrom pernapasan Timur Tengah (Mers) keduanya disebabkan oleh virus corona yang berasal dari hewan. 

Meskipun Mers diyakini ditularkan ke manusia dari dromedari, host asli untuk kedua virus korona mungkin kelelawar. Ada kecurigaan sekarang bahwa coronavirus baru mungkin berasal dari kelelawar atau ular, dan mungkin kemudian ditransmisikan ke manusia melalui spesies perantara. 

Kasus Sars pertama terjadi di China pada akhir 2002. Pihak berwenang mengatasinya dan kemudian banyak dikritik karena virus itu menyebar hampir tidak terkendali ke 37 negara, menyebabkan kepanikan global, menginfeksi lebih dari 8.000 orang dan menewaskan lebih dari 750. 

Mers tampaknya menjadi kurang mudah ditularkan dari manusia ke manusia, tetapi memiliki kematian yang lebih besar, menewaskan 35% dari sekitar 2.500 orang yang telah terinfeksi.

Apa gejala yang disebabkan oleh coronavirus Wuhan?

Virus menyebabkan pneumonia . Mereka yang jatuh sakit dilaporkan menderita batuk, demam, dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang parah bisa terjadi kegagalan organ. 

Karena ini adalah pneumonia virus, antibiotik tidak ada gunanya. Obat antivirus yang kita miliki melawan flu tidak akan bekerja. Jika orang dirawat di rumah sakit, mereka mungkin mendapatkan dukungan untuk paru-paru dan organ lain serta cairan. 

Pemulihan akan tergantung pada kekuatan sistem kekebalan tubuh mereka. Banyak dari mereka yang meninggal diketahui sudah dalam kondisi kesehatan yang buruk.

Apakah virus ditularkan dari satu orang ke orang lain?

Penularan dari manusia ke manusia telah dikonfirmasi oleh komisi kesehatan nasional China. Pada 23 Januari pihak berwenang Cina telah mengakui 517 kasus dan 17 kematian .

 Dalam sepekan terakhir, jumlah infeksi yang dikonfirmasi telah lebih dari tiga kali lipat dan kasus telah ditemukan di 13 provinsi, serta kotamadya Beijing, Shanghai, Chongqing dan Tianjin. 

Virus ini juga telah dikonfirmasi di luar China, di AS , Thailand, Korea Selatan, Taiwan dan Jepang. Belum ada kasus yang dikonfirmasi di Inggris saat ini, tetapi pasti ada potensi untuk kasus muncul. 

Jumlah sebenarnya yang tertular virus bisa jauh lebih tinggi karena orang dengan gejala ringan mungkin tidak terdeteksi.

 Pemodelan oleh para ahli WHO di Imperial College London menunjukkan mungkin ada 4.000 kasus, dengan ketidakpastian menempatkan margin antara 1.000 dan 9.700.

Seberapa khawatir para ahli?

Ada kekhawatiran bahwa coronavirus mungkin menyebar lebih luas selama liburan tahun baru selama seminggu, yang dimulai pada 24 Januari, ketika jutaan orang China melakukan perjalanan pulang untuk merayakannya, tetapi perayaan tersebut sebagian besar telah dibatalkan dan Wuhan serta dua kota Cina lainnya ditutup. 

 Pada saat ini, tampaknya orang dengan kesehatan yang buruk berada pada risiko terbesar, seperti yang selalu terjadi dengan flu. 

Kekhawatiran utama adalah kisaran keparahan gejala - beberapa orang tampaknya hanya menderita penyakit ringan sementara yang lain menjadi sakit parah. Ini membuatnya lebih sulit untuk menentukan jumlah sebenarnya yang terinfeksi dan tingkat penularan antar orang. 

Tetapi pihak berwenang akan tertarik untuk menghentikan penyebaran dan akan cemas bahwa virus bisa menjadi lebih kuat daripada yang muncul sejauh ini.

Haruskah kita panik?

Tidak. Penyebaran virus di luar Tiongkok mengkhawatirkan tetapi bukan perkembangan yang tidak terduga. Ini meningkatkan kemungkinan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia akan menyatakan wabah sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional pada Kamis malam. 

Kekhawatiran utama adalah bagaimana menularnya virus korona baru ini di antara orang-orang dan berapa proporsi yang menjadi sakit parah dan berakhir di rumah sakit. Seringkali virus yang menyebar dengan mudah cenderung memiliki dampak yang lebih ringan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0