Para Ahli Menyebut Virus Korona dapat Bermutasi :: Nusantaratv.com

Para Ahli Menyebut Virus Korona dapat Bermutasi

Wabah koronavirus dapat dengan cepat menjadi lebih buruk dan menjadi lebih mematikan
Para Ahli Menyebut Virus Korona dapat Bermutasi
Pasar di Wuhan (Daily Mail)

Nusantaratv.com- Wabah koronavirus dapat dengan cepat menjadi lebih buruk dan menjadi lebih mematikan karena terus menyebar di seluruh dunia.

Hal itu diungkapkan seorang virolog Australia terkemuka.

Profesor Trevor Drew adalah direktur Laboratorium Kesehatan Hewan Australia CSRIO di kawasan Victoria, di mana upaya cepat untuk mengembangkan vaksin untuk virus sekarang sedang berlangsung.

Baca Juga : Virus Korona Telah Menyebar ke Lebih Banyak Negara

Peringatan dinginnya datang ketika jet Qantas menunggu dalam siaga untuk terbang ke Wuhan, pusat virus yang terkunci, di mana sekitar 600 warga Australia terdampar.

Lebih dari seperempat penduduk Australia itu telah terdaftar di Departemen Luar Negeri untuk dievakuasi.

Jet itu diharapkan terbang ke Wuhan segera setelah otoritas Cina memberikan semuanya jelas.

Pesawat itu dapat meninggalkan kota yang dilanda virus itu pada Senin pagi, ketika kemudian akan menerbangkan orang-orang Australia yang terdampar ke Pulau Christmas, tempat tim respons bencana telah dikirim.

Mereka akan tinggal di pusat karantina di pulau 2.600 kilometer dari daratan selama dua minggu sebelum mereka kembali ke rumah. 

Profesor Drew mengatakan kepada The Australian bahwa sebelumnya penelitian pada babi menunjukkan bagaimana coronavirus bisa menjadi lebih mematikan dari waktu ke waktu.

Dia mengatakan penularan perlu dianggap sebagai 'awan' patogen yang cocok dari satu virus dengan potensi untuk menjadi lebih mematikan di '' lingkungan dengan kepadatan tuan rumah yang tinggi 'seperti Cina.

'Anda mungkin menemukan bahwa lebih banyak virus ganas muncul dari awan itu,' kata Profesor Drew. 

'Apa yang saya pikirkan mungkin terjadi di sini bukanlah bahwa orang telah terinfeksi selama beberapa waktu dengan virus ini, tetapi menemukan ceruk baru agak lebih lambat dan yang pada akhirnya dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang kita lihat dengan penyakit lain karena tidak begitu spektakuler sejak awal dalam evolusinya. '

Profesor Drew mengatakan otoritas Cina telah mengakui wabah ini bisa lebih buruk daripada epidemi SARS pada tahun 2003.

Profesor Drew memimpin pengembangan cepat-cepat dari vaksin coronavirus di Laboratorium Kesehatan Hewan Australia, sebuah fasilitas penyimpanan tinggi di Geelong.

Ini adalah satu-satunya laboratorium penahanan fisik dari jenisnya di Australia dan satu dari lima di dunia.

Uji praklinis dapat dilakukan pada bulan Maret dan  vaksin dikembangkan dalam waktu empat bulan.

"Peran kami adalah untuk mengambil pengetahuan bahwa kami akan mendapatkan dari bagaimana virus ini berperilaku dan kemudian menciptakan platform biologis yang diperlukan untuk mengembangkan dan menguji coba kandidat vaksin," Direktur CSIRO Kesehatan dan Biosecurity Rob Grenfell mengatakan kepada wartawan pada hari Jumat.

Organisasi Kesehatan Dunia mendeklarasikan keadaan darurat global dan AS telah mendesak warganya untuk menghindari China.

Muncul ketika gambar mengerikan muncul dari Wuhan tentang mayat seorang pria di trotoar di luar toko furnitur yang dikelilingi oleh polisi dengan pakaian hazmat.

Virus, yang muncul akhir tahun lalu, telah menginfeksi ribuan di China dengan setidaknya 159 kematian di Wuhan saja.

Pihak berwenang telah memberlakukan penguncian kota 11 juta yang belum pernah terjadi sebelumnya, menghalangi jalan keluar dan melarang penerbangan, dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus 


 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0