Kenali Ciri-ciri dan Bahaya Psikopat :: Nusantaratv.com

Kenali Ciri-ciri dan Bahaya Psikopat

Meskipun umumnya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki penyakit mental, psikopat bukanlah diagnosis resmi.
Kenali Ciri-ciri dan Bahaya Psikopat
(Ilustrasi)

Nusantaratv.com- Istilah Psikopat sering terdengar oleh banyak orang. Bahkan istilah ini belakangan makin populer usai dirilisnya film fenomenal Joker.

Meskipun umumnya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki penyakit mental, psikopat bukanlah diagnosis resmi.

Melansir Healthline, definisi sebenarnya dariadalah gangguan kepribadian antisosial (ASPD), jelas Dr. Prakash Masand, seorang psikiater dan pendiri Centers of Psychiatric Excellence.

ASPD menggambarkan seseorang yang menunjukkan pola manipulasi dan pelanggaran kepada orang lain.

Masand mengatakan satu hal yang dapat membingungkan tentang ASPD adalah kata-kata "anti-sosial."

"Kebanyakan orang mungkin menganggap ini menggambarkan seseorang yang dicadangkan, penyendiri, menjaga dirinya sendiri, dll. Namun, ini tidak terjadi di ASPD," jelasnya.

"Ketika kita mengatakan anti-sosial dalam ASPD, itu berarti seseorang yang bertentangan dengan masyarakat, aturan, dan perilaku lain yang lebih umum."

Tanda-tanda umum psikopati Karena istilah psikopat bukan diagnosis resmi, para ahli merujuk pada tanda-tanda yang dijelaskan dalam ASPD.

Menurut Masand, beberapa tanda yang lebih umum untuk diperhatikan antara lain:

perilaku yang tidak bertanggung jawab secara sosial, mengabaikan atau melanggar hak orang lain, ketidakmampuan untuk membedakan antara yang benar dan yang salah,  kesulitan menunjukkan penyesalan atau empati,  kecenderungan untuk sering berbohong memanipulasi dan menyakiti orang lain,  masalah yang berulang dengan hukum umum mengabaikan keselamatan dan tanggung jawab.

Perilaku lain yang mungkin merupakan tanda-tanda ASPD termasuk kecenderungan untuk mengambil risiko, perilaku sembrono, dan menipu dengan sering berbohong.

Masand mengatakan seseorang yang menunjukkan perilaku ini mungkin juga tidak memiliki hubungan emosional yang dalam, memiliki daya tarik yang dangkal tentang mereka, menjadi sangat agresif, dan kadang-kadang menjadi sangat marah.

Selain itu, orang dengan ASPD tidak peduli jika mereka telah menyakiti seseorang, impulsif dan kasar, dan kurang penyesalan. Dalam kasus ASPD, kasar tidak selalu berarti kekerasan.


 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
1
sad
0
wow
0