Kamu Sedang Depresi? Coba Lakukan Teknik Relaksasi Ini :: Nusantaratv.com

Kamu Sedang Depresi? Coba Lakukan Teknik Relaksasi Ini

Relaksasi juga bermanfaat bagi kesehatan fisik Anda.
Kamu Sedang Depresi? Coba Lakukan Teknik Relaksasi Ini
(NAMI)

Nusantaratv.com- Berlatih teknik relaksasi adalah cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan emosional Anda. Pelajari cara rileks, menghilangkan stres, dan mungkin bahkan meringankan depresi Anda.

Orang dengan depresi sering bergelut dengan beban emosional yang lebih banyak daripada depresi saja. 

Melansir Everyday Health, depresi dan kecemasan sering berjalan seiring, dan stres juga dapat menantang kesehatan emosional Anda. Ketika kecemasan dan stres menumpuk, mereka dapat memengaruhi gejala depresi Anda dan membuatnya lebih sulit untuk dikelola.

 Beberapa teknik relaksasi sederhana dapat membantu Anda melepaskan diri dari stres dan kecemasan, serta mengelola depresi dengan lebih baik.

Bagaimana Relaksasi Membantu Depresi

"Relaksasi dapat membantu siapa saja," kata Jennifer L. Payne, MD, PhD, asisten profesor dan co-direktur Pusat Gangguan Suasana Hati Wanita di Rumah Sakit Johns Hopkins di Baltimore.

Kecemasan, yang biasa terjadi pada orang yang mengalami depresi, dapat membuat orang merasa tegang. Kecemasan itu bisa parah, kata Dr. Payne, dan bahkan dapat menyebabkan serangan panik.

"Tentu saja ketika seseorang mengalami depresi, sebagian besar pandangan mereka negatif," tambah Payne. "Teknik relaksasi dapat membantu dengan itu; itu dapat membuat orang jatuh takik sehingga mereka tidak begitu cemas atau negatif." Teknik relaksasi seperti meditasi, pijatan, dan olahraga juga dapat melepaskan endorfin, yang merupakan bahan kimia dalam tubuh yang menghilangkan rasa sakit dan dianggap meningkatkan suasana hati Anda.

Relaksasi juga bermanfaat bagi kesehatan fisik Anda. "Ini alat lain untuk memerangi efek fisik dari depresi itu," kata Payne.

Teknik relaksasi bahkan dapat membantu mencegah depresi pada beberapa orang. 

Berikut adalah beberapa teknik relaksasi yang dikenal untuk membantu mengurangi depresi dan kecemasan. 

Napas dalam-dalam. Napas yang dalam dan lambat bisa membantu Anda melepaskan kecemasan dan rileks dari kepala hingga kaki. Cobalah pada waktu yang ditentukan sepanjang hari atau setiap kali Anda merasa stres membangun. Kombinasikan pernapasan dalam dengan meditasi untuk relaksasi yang lebih besar, menghilangkan stres, dan fokus.

Olahraga. Ini adalah teknik relaksasi yang hebat, kata Payne, dan menawarkan manfaat kesehatan fisik yang hebat juga. Yoga adalah terapi yang sangat bermanfaat karena berfokus pada meditasi, keseimbangan, pernapasan dalam, dan relaksasi sekaligus.

Kelilingi diri Anda dengan aromaterapi.  Beberapa orang menemukan aroma menyenangkan tertentu sangat santai. Dikenal sebagai aromaterapi, teknik ini bisa sesederhana menyalakan lilin yang wangi dengan aroma favorit.

Berlibur di pikiran Anda. Disebut citra visual atau dipandu, teknik relaksasi ini menggunakan imajinasi Anda untuk menjauhkan diri dari stres sehari-hari. Bayangkan diri Anda berada di tempat yang tenang dan damai yang membuat Anda bahagia. Luangkan waktu untuk mengalami semua sensasi di pikiran Anda.

Pemanasan. Manjakan diri Anda dengan berendam mewah dan panjang di bak mandi busa atau kehilangan diri Anda dalam uap air panas. Bahkan menyesap secangkir kopi panas, teh, atau cokelat bisa menenangkan.

Coretkan stres Anda. Jika ada sesuatu yang mengganggu Anda dan Anda hanya perlu melepasnya, buku harian atau jurnal bisa menjadi teman terbaik Anda. Luangkan beberapa saat setiap hari - atau kapan saja Anda merasa sedih atau tertekan - untuk menulis tentang ketakutan, kekhawatiran, atau frustrasi Anda.

Gagasan relaksasi setiap orang berbeda. Tidak masalah apa yang Anda lakukan untuk menghilangkan stres selama itu membantu Anda merasa lebih baik. Luangkan waktu setiap hari untuk istirahat singkat, sesuatu yang Anda nantikan dan yang akan membuat Anda merasa lebih berharap saat Anda menghadapi sisa hari Anda.

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0