Cek Fakta : Dapatkah Dettol membunuh coronavirus Wuhan ? :: Nusantaratv.com

Cek Fakta : Dapatkah Dettol membunuh coronavirus Wuhan ?

Para pejabat kesehatan telah mendesak orang untuk mempraktikkan kebersihan yang baik untuk membantu mencegah penyebaran virus.
Cek Fakta : Dapatkah Dettol membunuh coronavirus Wuhan ?

Nusantaratv.com- Pengguna media sosial menyarankan Dettol dapat membantu membunuh virus korona dan menghentikan penyebarannya. Tapi apa yang para ahli katakan tentang klaim itu?

Coronavirus baru, nama lengkapnya Wuhan novel coronavirus, telah menyebabkan kematian 213 orang sejauh ini, semua di China, dan kasus telah dikonfirmasi di Thailand, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan AS.

Baca Juga : Heboh, Dettol Bisa Sembuhkan Virus Korona? Ini Faktanya

Melansir Express.uk, para pejabat kesehatan telah mendesak orang untuk mempraktikkan kebersihan yang baik untuk membantu mencegah penyebaran virus.

Selain mencuci tangan secara teratur dan batuk serta bersin ke dalam tisu sebelum membuangnya dengan benar, saran telah dibuat di media sosial untuk menyimpan pada semprotan desinfektan Dettol untuk mencegah dan bahkan "menyembuhkan" virus.

Pengguna media sosial lalu melihat label di belakang botol yang menunjukkan produk pembersih itu mampu "membunuh virus corona".

Meskipun Dettol mengatakan produknya menghilangkan beberapa jenis virus korona, seperti yang menyebabkan flu biasa, mereka belum mengujinya terhadap wabah virus korona Wuhan.

Paul Hunter, Profesor bidang perlindungan kesehatan dan obat-obatan, menjelaskan kepada Mail online: 

“Bahan aktif Dettol adalah chloroxylenol yang merupakan desinfektan yang tersedia secara luas. Chloroxylenol aktif melawan berbagai virus dan bakteri dan termasuk coronavirus, ". 

“Penggunaannya adalah sebagai disinfektan permukaan pada permukaan keras atau pada kulit dan luka. Itu juga dapat dimasukkan ke dalam sabun. "

Tetapi Profesor Hunter memperingatkan agar tidak menggunakan Dettol untuk tujuan selain membersihkan.

Dia berkata: “Chloroxylenol beracun jika tertelan dan itu tidak boleh digunakan sebagai aerosol yang bisa dihirup orang.

"Apakah itu menawarkan keuntungan dibandingkan pembersihan standar dan mencuci dengan sabun dan air tidak jelas."

Chloroxylenol ditemukan dalam Dettol asli, yang berwarna kuning.

Gambar yang menyebar di internet menunjukkan label Dettol Anti-Bacterial Surface Cleanser, yang mengandung benzalkonium klorida.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana coronavirus menyebar dari orang ke orang, tetapi NHS mencatat bahwa virus yang sama disebarkan oleh tetesan batuk.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
0
funny
1
angry
0
sad
0
wow
0