Bagaimana Virus Korona Menular? :: Nusantaratv.com

Bagaimana Virus Korona Menular?

Virus ini telah menyebar dengan skala dan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya,
Bagaimana Virus Korona Menular?
(Reuters)

Nusantaratv.com- Sejak pertama kali dilaporkan di China bulan lalu, coronavirus yang mematikan telah menyebar ke lebih dari selusin negara, dengan lebih dari 7.800 kasus dilaporkan dan 170 kematian.

Organisasi Kesehatan Dunia pada hari Kamis mengumumkan wabah darurat global setelah jumlah kasus melonjak lebih dari sepuluh kali lipat dalam seminggu.

Baca Juga : Gara-gara Virus Korona, Anjing di China Juga Ikut Pakai Masker

Badan kesehatan PBB mendefinisikan darurat internasional sebagai "peristiwa luar biasa" yang merupakan risiko bagi negara lain dan memerlukan respons internasional yang terkoordinasi.

"Virus ini telah menyebar dengan skala dan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan kasus-kasus yang melintas di antara orang-orang di berbagai negara di dunia," kata Dr. Jeremy Farrar, direktur Welcome Trust Inggris.

 "Ini juga merupakan pengingat awal betapa rentan kita terhadap epidemi penyakit menular yang diketahui dan tidak diketahui."

Ketika para ilmuwan berlomba untuk memahami bagaimana virus ini menyebar di antara orang-orang di China, setidaknya 18 negara lain telah melaporkan kasus-kasus tersebut. Amerika Serikat dan Korea Selatan pada hari Kamis mengkonfirmasi kasus penyebaran virus pertama -ke-orang .

Para ilmuwan mengatakan penularan virus kemungkinan besar antara orang-orang dengan kontak dekat, seperti keluarga. Tetapi ada beberapa contoh orang yang mungkin memiliki lebih sedikit paparan virus di Jepang dan Jerman.

Coronavirus sekarang telah menginfeksi lebih banyak orang di Cina daripada yang sakit di sana selama wabah SARS tahun 2002-2003

Ahli virologi percaya itu berasal dari pasar makanan laut di kota Wuhan di Cina timur ketika seseorang atau sekelompok orang bersentuhan dengan binatang liar yang diperdagangkan di sana.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), coronavirus umum terjadi pada unta, sapi, kucing, dan kelelawar. Penularan dari orang ke orang diperkirakan terjadi ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, mirip dengan bagaimana influenza dan patogen pernapasan lainnya menyebar.

Cara lain virus dapat menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang lain adalah dengan menyentuh atau berjabat tangan, atau jika seseorang menyentuh permukaan dengan virus di atasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata mereka sebelum mencuci tangan mereka, kata CDC.

Tetapi terlepas dari deklarasi darurat WHO, risiko penyembuhan langsung ke masyarakat Amerika umumnya masih relatif rendah.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0