Alami Depresi? Ini Jenis-jenisnya :: Nusantaratv.com

Alami Depresi? Ini Jenis-jenisnya

Depresi (gangguan depresi mayor atau depresi klinis) adalah gangguan mood yang umum tetapi serius.
Alami Depresi? Ini Jenis-jenisnya
Ilustrasi

Nusantaratv.com- Depresi (gangguan depresi mayor atau depresi klinis) adalah gangguan mood yang umum tetapi serius.

 Ini menyebabkan gejala parah yang memengaruhi perasaan Anda, berpikir, dan menangani kegiatan sehari-hari, seperti tidur, makan, atau bekerja. 

Untuk dapat didiagnosis menderita depresi, gejalanya harus ada setidaknya dua minggu.

 Beberapa bentuk depresi sedikit berbeda, atau mereka dapat berkembang dalam keadaan yang unik, seperti: Gangguan depresi persisten (juga disebut dysthymia) adalah perasaan depresi yang berlangsung selama setidaknya dua tahun.

 Seseorang yang didiagnosis dengan gangguan depresi persisten mungkin memiliki episode depresi berat bersamaan dengan periode gejala yang kurang parah, tetapi gejalanya harus berlangsung selama dua tahun untuk dianggap sebagai gangguan depresi persisten. 

 Depresi psikotik, terjadi ketika seseorang mengalami depresi berat plus beberapa bentuk psikosis, seperti memiliki keyakinan buruk yang keliru (delusi) atau mendengar atau melihat hal-hal yang membuat orang lain tidak dapat mendengar atau melihat (halusinasi). 

Gejala psikotik biasanya memiliki "tema," depresi seperti delusi rasa bersalah, kemiskinan, atau penyakit. 

Gangguan afektif musiman ditandai dengan timbulnya depresi selama bulan-bulan musim dingin, ketika sinar matahari kurang alami. Depresi ini umumnya meningkat selama musim semi dan musim panas.

 Depresi musim dingin, biasanya disertai dengan penarikan sosial, peningkatan tidur, dan penambahan berat badan, diperkirakan kembali setiap tahun dalam gangguan afektif musiman.

 Gangguan bipolar, berbeda dari depresi, tetapi termasuk dalam daftar ini adalah karena seseorang dengan gangguan bipolar mengalami episode suasana hati yang sangat rendah yang memenuhi kriteria untuk depresi berat (disebut "depresi bipolar").

 Tetapi seseorang dengan gangguan bipolar juga mengalami suasana hati yang sangat tinggi - euforia atau mudah tersinggung yang disebut "mania" atau bentuk yang tidak terlalu parah yang disebut "hypomania." 

Contoh tipe lain dari gangguan depresi yang baru ditambahkan ke klasifikasi diagnostik DSM-5 termasuk gangguan disregulasi suasana hati yang mengganggu (didiagnosis pada anak-anak dan remaja) dan gangguan dysphoric pramenstruasi (PMDD).

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0