Ahli Medis : Virus Korona dapat Menular Melalui Mata :: Nusantaratv.com

Ahli Medis : Virus Korona dapat Menular Melalui Mata

Saran bahwa penyakit ini dapat menyebar melalui mata diajukan oleh Dr Wang Guangfa,
Ahli Medis : Virus Korona dapat Menular Melalui Mata
(Reuters)

Nusantaratv.com- Ketika virus korona Wuhan terus membebani pikiran semua orang, jawaban umum untuk mencegah diri Anda dari kemungkinan terpapar dan terinfeksi oleh penyakit ini adalah dengan memakai masker.  Karena secara umum dipahami bahwa masker itu bertindak sebagai penghalang antara Anda dan partikel infeksius apa pun.

Melansir Daily Mail, disarankan bahwa coronavirus Wuhan mungkin tidak hanya ditularkan dengan menghirup partikel yang terinfeksi ke dalam sistem pernapasan Anda.

Baca Juga : Fakta Terkini Tentang Virus Korona

Tetapi Anda juga dapat terinfeksi jika partikel memasuki mata Anda atau lebih buruk lagi, jika Anda menyentuh setiap permukaan yang kontak dengan pasien yang terinfeksi.

Saran bahwa penyakit ini dapat menyebar melalui mata diajukan oleh Dr Wang Guangfa, yang telah terinfeksi dengan coronavirus Wuhan.

Baca Juga : Diduga Terserang Virus Korona, Seorang Pria Dikurung dalam Rumah Usai Kembali dari Wuhan

 Menurutnya, kasus infeksi mungkin berasal dari fakta bahwa ia tidak mengenakan pelindung mata pada saat itu , yang mungkin menyebabkan partikel virus yang terinfeksi memasuki membran matanya.

Paul Kellam, profesor genomik virus di Imperial College London, telah mendukung teori ini, mengatakan bahwa jika tetesan yang terinfeksi bersin kepada Anda oleh pasien dan memasuki mata Anda, mereka pada akhirnya akan dicuci dari mata Anda ke hidung, karena keduanya terhubung melalui apa yang dikenal sebagai 'saluran nasolacrimal'.

“Tidak biasa flu dan virus lain ditularkan dengan cara ini. Anda juga bisa mendapatkan infeksi pernapasan melalui mata, ”kata profesor.

Inilah sebabnya mengapa pelindung mata sangat penting saat menangani kasus yang melibatkan gejala pernapasan, karena masker wajah secara alami hanya menutupi hidung dan mulut Anda. 

Dr Michael Head, peneliti senior bidang kesehatan global di University of Southampton, juga menambahkan saran ini dengan mengatakan bahwa seseorang dapat terinfeksi melalui mata mereka jika mereka menyentuh mereka dengan tangan yang telah menginfeksi partikel di dalamnya.

Adapun yang terinfeksi melalui permukaan menyentuh, Dr Maria Van Kerkhove, anggota komite darurat WHO pada wabah Wuhan, mengatakan bahwa virus dapat ditularkan melalui 'formites', suatu keadaan di mana virus dapat bertahan hidup pada permukaan mati untuk suatu waktu yang singkat.

Jadi sebagai akibat dari menyentuh permukaan yang mengandung 'formit' ini, Anda mungkin akan terinfeksi jika Anda menyentuh wajah Anda sesudahnya!

Sementara tingkat penularan virus tidak ditentukan pada saat ini, kemungkinan penularan dari permukaan ke manusia ini selanjutnya dapat mempercepat apa yang sudah merupakan penyakit yang sangat mematikan.

Para ahli memperkirakan bahwa virus memiliki inkubasi antara dua dan 14 hari pada saat ini, tetapi dalam beberapa kasus, coronavirus Wuhan dapat ditularkan bahkan  sebelum gejalanya muncul.

Dengan demikian, hal terbaik yang bisa kita semua lakukan di depan umum adalah memastikan bahwa kita selalu membiasakan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah kita.

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0