Angka Penurunan Stunting Dalam 5 Tahun Terakhir Mencapai 10% :: Nusantaratv.com

Angka Penurunan Stunting Dalam 5 Tahun Terakhir Mencapai 10%

Pemerintah melalui Kemenkes telah berhasil mencatatkan prestasi baik dalam menurunkan angka stunting yang terjadi di Indonesia.
Angka Penurunan Stunting Dalam 5 Tahun Terakhir Mencapai 10%
Menkes Nila Moeloek usai konferensi pers di Kantor Kemenkes, Jakarta/ Nusantaratv.com

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek menjelaskan, angka stunting atau kekerdilan yang terjadi di indonesia saat ini sudah menuruna hingga 10% dalam 5 tahun belakangan.

Hasil tersebut di dapatkan usai melakukan Riset Kesehatan Dasar pada 2013 dengan prevelensi stunting mencapai 37,2%.

"Kemenkes punya tugas bagaimana menghitung anak stunting setiap tahun. Dikerjakan oleh BPS dan Litbangkes, dulu Riskesdas 2018 30,8%, sekarang jadi 27,67%," ujar Menkes di Kantor Kemenkes, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Baca Juga: Ibu Iriana Puji Peran Posyandu Atasi Stunting

Adapun alasan dari penurunan stunting yang cukup signifikan tersebut, yakni koordinasi yang baik antar kementerian/lembaga dalam membentuk Tim Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (TP2AK).

TP2AK yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, menginstrusikan langsung kepada berbagai kementerian dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk terus berupaya melakukan pencegahan stunting.

Sementara itu, Menkes juga menambahkan bahwa angka stunting yang mencapai 27,67% dapat terus ditekan hingga mencapai standar yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0