Manfaat Daun Pisang, yang Perlu Diketahui :: Nusantaratv.com

Manfaat Daun Pisang, yang Perlu Diketahui

Pisang merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia.
Pohon pisang merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia./mazmur.id

Nusantaratv.com - Pisang merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Sejak zaman nenek moyang, beberapa bagian dari tanaman ini digunakan sebagai lauk pendamping dalam setiap sajian. Seperti contohnya jantung pisang, buah pisang, dan daun pisang.

Dengan harganya yang relatif murah dan mudah dibudidayakan, tanaman ini menjadi ikon favorit bagi semua kalangan.

Baca Juga: Rasanya Pahit, Tapi Bunga Pepaya Miliki Manfaat Manis Bagi Kesehatan

Berikut beragam manfaat daun pisang:

Alami dan mempunyai nilai ekonomis 

  • Daun pisang mudah terurai bila dibuang atau menjadi sampah. Selain itu daun pisang juga ramah lingkungan dari pada plastik. Dari sisi ekonomisnya daun pisang dapat kita jumpai dimana saja. Atau dipekarangan rumah kita sendiri. Alasannya karena kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendapatkan daun ini.

Lebar dan panjang 

  • Dengan daunnya yang memiliki ukuran lebar dan panjang sehingga sangat cocok untuk pembungkus. Seperti untuk pembungkus nasi, pepes, lontong dan pembungkus lainnya.
  • Tidak mengandung racun kimiawi. Daun pisang aman untuk kesehatan dibandingkan dengan daun dari tanaman lain. Karena tidak mengandung getah pahit.  Selain itu tidak mengandung bakteri yang menbahayakan .

Memberikan rasa sedap

  • Senyawa polifenol yang terkandung didalamnya berperan sebagai antioksidan yang bisa berubah menjadi senyawa sehingga menambah rasa sedap pada makanan. Daun pisang diyakini memiliki antibakteria yang membuat makanan tidak cepat basi dan tidak cepat terkontaminasi.
Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0