Cegah Penuaan Dini dengan Kunyit Putih :: Nusantaratv.com

Cegah Penuaan Dini dengan Kunyit Putih

Kunyit putih merupakan salah satu jenis tanaman yang hampir semua bagiannya digunakan untuk obat, baik akar, minyak hingga daunnya.
Kunyit putih salah satu tanaman yang hampir semua bagiannya dapat digunakan untuk obat./klikdoter.com

Nusantaratv.com - Sejak lama, tanaman herbal seperti kunyit dipercaya bisa membantu kondisi kesehatan. Kunyit putih atau kerap kali disebut dengan nama Zedoaria (Curcuma Zedoaria) merupakan salah satu jenis tanaman yang hampir semua bagiannya digunakan untuk obat, baik akar, minyak hingga daunnya.

Tanaman ini merupakan tanaman asli dari India dan Indonesia. Namun kunyit putih kini telah dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya di wilayah Asia. Kunyit putih juga sangat mudah dijumpai di negara Bangladesh, Sri Lanka, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal dan juga Thailand.

Tumbuhan ini memiliki daging yang lebih lunak dan rasa mirip dengan jahe meskipun kunyit ini akan meninggalkan jejak rasa pahit di akhir.

Masyarakat Indonesia kerap menambahkan bubuk kunyit putih ke dalam masakan kari. Meskipun di beberapa resep masakan lainnya kunyit putih kerap digantikan dengan jahe. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan kunyit putih juga kerap dijadikan obat yang memiliki banyak khasiat.

Baca Juga: Mengenal Sulianti Saroso, Wanita yang Namanya Jadi RSPI Rujukan Pasien Corona

Berikut 9 manfaat kunyit putih yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Sudah sejak zaman dahulu kunyit putih telah dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya adalah mengatasi masalah pencernaan. Kandungan minyak esensial di dalam minyak kayu putih dipercaya dapat bermanfaat untuk mengobati sakit maag, perut kembung, sembelit, kolik, kejang otot, dan berbagai macam masalah lambung lainnya.

Tepung yang dihasilkan dari akar kunyit juga dipercaya efektif untuk mengurangi jumlah dan tingkat keasaman cairan lambung sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan tukak lambung. Kamu bisa mengonsumsi kunyit putih dengan meminum air rebusannya .

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0