5 Jenis Rempah Dan Buah Ini Diyakini Ampuh Cegah Dampak Virus Corona :: Nusantaratv.com

5 Jenis Rempah Dan Buah Ini Diyakini Ampuh Cegah Dampak Virus Corona

Virus corona sudah memakan puluhan korban jiwa dan menjangkit hampir ribuan orang di Negeri Tirai Bambu.
5 Jenis Rempah Dan Buah Ini Diyakini Ampuh Cegah Dampak Virus Corona
Ilustrasi pengobatan virus corona

Jakarta, Nusantaratv.com - Akhir-akhir ini virus Corona membuat geger warga dunia. Bahkan, penyakit yang pertama kali muncul di Wuhan, China ini dilaporkan sudah memakan puluhan korban jiwa dan menjangkit hampir ribuan orang di Negeri Tirai Bambu.

Tak sampai disitu, kabarnya virus Corona juga sudah hijrah ke negara tengga, seperti Singapura.

Seperti yang diberitakan oleh Channelnewsasia.com, berawal dari seorang pria asal Wuhan, China, berusia 66 tahun yang tiba di Singapura bersama keluarganya pada Senin (20/1) lalu.

Pria tersebut mengalami sakit tenggorokan namun tidak demam. Dan, dihari berikutnya pria tersebut mulai demam dan batuk.

Saat berobat ke SGH pada Rabu (22/2), pihak rumahsakit langsung segera mengisolasinya, dengan diagnosis pneumonia.

SGH kemudian melapor ke Kementerian Kesehatan Singapura pada jam 10 malam waktu setempat sebagai kasus yang diduga pria tersebut terinfeksi virus Corona.

Kementerian Kesehatan Singapura pun menyatakan bahwa pria itu positif terkena virus Corona pada Kamis (23/1) pukul 6 sore waktu setempat.

Para dokter juga mengatakan bahwa virus Corona menyerang manusia berawal dari gejala flu ringan yang disertai batuk. Kemudian, jika memberat, akan menyebabkan demam dan infeksi radang tenggorokan.

Setelah itu, virus ini masuk dan merusak fungsi paru-paru, atau dikenal dengan sebutan Pneumonia, yaitu infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh virus dan berbagai mikroorganisme lain, seperti bakteri, parasit dan jamur yang membuat susah bernafas.

Dan, bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, ada kemungkinan virus ini dapat mengakibatkan kematian jika tidak ditangani dengan segera.

Untuk kalian yang tinggal di Indonesia, sejatinya tidak perlu takut dan panik jika virus tersebut datang dan menghantui Tanah Air tercinta.

Pasalnya, Indonesia terkenal kaya dengan rempah-rempahnya, Bahkan banyak buah-buahannya yang juga tumbuh subur di tanah Indonesia.

Karena yang harus kalian ketahui bahwa rempah-rempahan dan buah-buahan sejatinya mampu menjadi obat untuk tubuh kita.

Kenapa harus rempah-rempah ?, karena virus corona pertama kali menyerang tubuh kita pada bagian saluran pernapasan. berawal dari flu, batuk, demam, radang tenggorokan, merusak paru-paru dan imunitas atau kekebalan tubuh, hingga susah bernafas yang dilanjutankan dengan kematian.

Untuk itu, sebelum virus Corona datang dan menyerang, kalian bisa mengkonsumsi beberapa rempah-rempahan dan buah-buahan untuk menjaga daya tahan tubuh kalian.

1. Cengkeh

Kalian bisa mengkonsumsi cengkeh. Kenapa cengkeh?, katanya cengkeh dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh/imun dan serta dapat melawan seluruh penyakit mulai dari penyakit ringan hingga yang penyakit kronis yang dapat menyebabkan kematian.

Dan, disetiap batang cegkeh mengandung minyak Flavonoid yang berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat membantu penderita sakit rematik. Selain itu cengkeh juga dapat dipergunakan sebagai ekspektoran dalam menangulangi gangguan pada sistem saluran pernafasan.

2. Kafein

Selain cengkeh, kalian juga bisa mengkonsumi kafein. Karena dalam kandungan kafein terdapat teofilin yang mirip dengan obat bronkodilator yaitu obat untuk memperlancar pernapasan.

Jadi, mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh hitam, dan teh hijau dapat membantu membuka saluran udara di paru-paru yang bisa melegakan saluran napas. Efek kafein ini bisa bertahan hingga empat jam.

3. Kopi dan Madu

Mungkin tidak familiar dan baru terdengar ditelinga kalian jika kopi dicampur madu dapat berkhasiat menjadi obat batuk serta penyakit iritasi tenggorokan.

Sejatinya madu memang mampu meredakan reaksi tidak menyenangkan pada tenggorokan karena memiliki sifat antimikroba yang ampuh melawan bakteri dan virus penyebab batuk. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam menghilangkan bakteri penyebab batuk.

Sedangkan kopi mengandung kafein yang mengandung teofilin yang mirip dengan obat bronkodilator yaitu obat untuk memperlancar pernapasan. Jadi kombinasi dua benda ini dipercaya bisa menjadi obat mujarab untuk kamu yang sedang batuk.

4. Jahe dan Madu

Semua orang tau jika jahe adalah salahsatu jenis rempah-rempahan yang biasa digunakan untuk menyedap makanan. Namun, Jahe juga bisa mejadi obat bagi tubuh kita. Pasalnya, jahe mengandung senyawa kimia seperti gingerol, zingerone, dan shogaol yang dapat mengurangi batuk.

Rempah ini juga sering digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi batuk karena sifat analgesik alaminya. Bahkan, jahe memiliki komponen obat yang termasuk minyak esensial, antioksidan, dan oleoresin. Oleoresin dikenal karena kemampuan antitusifnya, yang meredakan dan menekan batuk.

Smentara seperti yang kita ketahui bahwa madu memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam menghilangkan bakteri penyebab batuk.

Itulah mengapa madu dianggap sebagai obat yang sangat baik untuk meredakan batuk dan lebih efektif daripada obat-obatan yang dijual bebas yang mengandung dextromethorphan, penekan batuk.

5. Teh peppermint

Ramuan ini dapat dikonsumsi saat penderita mengalami batuk. Banyak teh herbal hangat dapat membantu menenangkan tenggorokan yang gatal. Teh herbal seperti peppermint atau eucalyptus, mungkin lebih bermanfaat.

Sebuah penelitian yang diposting ke Element-Based Complementary dan Alternative Medicine menemukan bahwa herbal, termasuk peppermint dan eucalyptus, memiliki efek menenangkan pada tenggorokan orang dengan infeksi saluran pernapasan atas.

Jika kalian tidak suka dengan rempah-rempahan. Kalian juga bisa mengkonsumsi buah-buahan. Karena sejatinya buah-buahan juga mengandung obat-obatan. Mulai dari meningkatkan dayan tahan tubuh, batuk dan radang tenggorokang.

1. Lemon

Lemon adalah buah jeruk yang mengandung vitamin C yang memperkuat kekebalan tubuh. Buah ini juga dapat meredekan demam dan batuk.

Pasalnya, lemon memiliki sifat antibiotik, antibakteri, dan antivirus yang kuat yang dapat menangkan bakteri dan virus penyebab batuk. Bahkan, antioksidan yang dapat dalam kandungan lemon dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan melumasi tenggorokan.

2. Nanas

Nanas kaya akan serat, vitamin C, vitamin B, mangan, dan bromelain, yaitu enzim yang bekerja sebagai antiradang, antibakteri, serta antivirus.

3. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan vitamin C dan zat besi. Keduanya merupakan nutrisi yang mampu mencegah sekaligus meredakan batuk dan melawan infeksi.

4. Apel

Seperti yang diketahui, apel dapat membantu meredakan batuk. Menurut sejumlah penelitian, kandungan flavanoid pada apel dapat mengurangi gejala peradangan dan iritasi pada saluran pernapasan

5. Kiwi

Kiwi adalah salah satu sumber vitamin dan mineral terbaik. Tingginya kandungan nutrisi di dalamnya menjadikan kiwi sebagai buah yang baik untuk meredakan batuk. Menurut suatu riset, buah ini dapat membantu melancarkan saluran pernapasan dan menguatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu penyebab batuk.

Yang harus kalian tau, jika kelima buah itu di jus jadi satu dan dikonsumsi setiap hari dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh dari segala penyakit maupun virus. Karena yang harus kalian tau, virus Corona datang menyerang disaat daya tahan tubuh kita sedang lemah.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
2
funny
0
angry
0
sad
1
wow
1