WNI yang Dikarantina Keluhkan Gangguan Kesehatan, Gejala Corona? :: Nusantaratv.com

WNI yang Dikarantina Keluhkan Gangguan Kesehatan, Gejala Corona?

Sejumlah dokter disiagakan di lokasi observasi WNI dari Wuhan itu
WNI yang Dikarantina Keluhkan Gangguan Kesehatan, Gejala Corona?
Orang-orang yang dikarantina di Natuna.

Jakarta, Nusantaratv.com - Beberapa orang yang dikarantina di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) mengeluhkan gangguan kesehatan ringan. Gejala terjangkit virus corona? 

Baca juga: Nekat! Prabowo Tak Pakai Masker Saat Kunjungi Lokasi Karantina WNI di Natuna 

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Anung Sugihantono, menjelaskan keluhan gangguan kesehatan itu tak berkaitan dengan virus corona.

"Saya mendapat laporan yang ada di pos kesehatan yang ada di dalam, ada beberapa orang yang memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada di sana, tapi gejala atau keluhan yang disampaikan tidak ada hubungannya dengan novel corona virus," ujar Anung melalui video telekonferensi dipantau dari kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Keluhan ini, menurut Anung antara lain gatal-gatal, perut begah, serta kepala pening. Seluruh keluhan itu dianggap masih taraf wajar.

Anung menuturkan, 238 orang yang tengah dikarantina sengaja memanfaatkan sarana kesehatan yang disediakan di lokasi observasi. 

"Jadi bukan karena keluhan yang berlebihan mengenai hal itu (gejala corona)," ucapnya.

Sementara, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Wiendra Waworuntu, menegaskan 237 WNI dan 1 WNA yang dikarantina di Natuna mendapat pelayanan kesehatan sesuai standar yang berlaku. 

"Di sana (di lokasi observasi) ada pemeriksaan fisik, batuk, pilek, demam. Itu SOP (standar operasional prosedur) yang sama dilakukan di Wuhan, di Wuhan juga begitu itu sampai ke masyarakat," ujarnya.

Sejumlah dokter disiagakan di lokasi, seperti dokter umum, dokter spesialis jiwa, hingga psikolog. Tempat observasi pun dilengkapi dengan ruang ICU sederhana.

Di samping diperiksa kesehatannya setiap hari, mereka juga dipastikan tercukupi gizinya.

"Jadi memang sangat dijaga," ucap Wiendra.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0