Waspadai Virus Korona :: Nusantaratv.com

Waspadai Virus Korona

Badan kesehatan dunia World Health Organization (WHO) memberikan peringatan atas kemungkinan penyebaran virus Korona dari China.
Waspadai Virus Korona
Waspadai virus Korona dari China./voaindonesia.com

Nusantaratv.com - Badan kesehatan dunia World Health Organization (WHO) memberikan peringatan atas kemungkinan penyebaran virus Korona dari China. Virus yang sedang melanda Negeri Tirai Bambu itu memiliki pontensi menyebar ke seluruh dunia. Demikian periangatan WHO, dikutip dari Antara, Selasa, 14 Januari 2020.

Sejauh ini, ada penularan terbatas virus tersebut dari manusia-ke-manusia, yang telah terjadi di China, sebagian besar adalah kelompok kecil dalam keluarga.

Seorang perempuan China dikarantina di Thailand karena mengalami radang misterius, kata pihak berwenang pada Senin (13/1/2020). Kasus itu merupakan yang pertama kalinya terdeteksi di luar China.

liputan6.com

Lebih dari 50 orang di China menderita penyakit pneumonia misterius. Temuan terbaru menyebut, penyakit ini bisa saja disebabkan oleh virus korona jenis baru.

Dilansir VOA Indonesia, pihak berwenang kesehatan China belum mengesahkan laporan yang dirilis stasiun TV pemerintah China, CCTV.

Virus korona menyebar melalui batuk, bersin, atau sentuhan dari orang yang terjangkit. Virus itu menyebabkan flu biasa dan dapat juga mengakibatkan penyakit pernapasan yang lebih akut seperti SARS dan MERS. Virus seperti itu banyak terjadi pada manusia namun virus yang ditularkan dari kelelawar, unta dan hewan lainnya dapat menyebabkan sakit lebih parah.

Komisi Kesehatan Kota Wuhan mengatakan, 59 orang di kota pusat China telah dirawat akibat penyakit pernapasan sejak hari Minggu lalu. Tujuh di antaranya berada dalam keadaan kritis.

Baca Juga: Wabah Pneumonia Misterius di China, Kemenkes Minta Masyarakat Waspada

Kemungkinan kasus penyakit serupa juga dilaporkan terjadi di Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan karena perjalanan yang dilakukan ke Wuhan.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika mengeluarkan peringatan kesehatan bagi dokter yang merawat pasien penderita penyakit seperti pneumonia untuk melihat kemungkinan kaitan dengan wabah di China serta mengenakan masker dalam menangani pasien yang berpergian ke Wuhan.

Imbauan yang sama juga dikeluarkan oleh Kemenkes RI, yang menyebut masyarakat Indonesia yang sedang berada di China, termasuk Wuhan, Hongkong, dan Beijing, untuk menghindari daerah pasar ikan untuk menimalisir risiko penularan penyakit. 

Sumber: suara.com

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0