Tangkal Penularan COVID-19, Batasi Keramaian di Area Publik :: Nusantaratv.com

Tangkal Penularan COVID-19, Batasi Keramaian di Area Publik

Pemda Mengambil Langkah Cepat Guna Menangkal Penularan Virus Corona.
Tangkal Penularan COVID-19, Batasi Keramaian di Area Publik
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Virus corona bisa menular ketika penderita COVID-19 mengalami batuk atau bersin hingga melepaskan tetesan cairan.

Lalu tetesan itu jatuh mengenai permukaan atau benda di dekatnya seperti meja, kursi, pakaian, atau langsung mengenai tubuh orang yang berada di dekat penderita COVID-19.

Orang bisa terinfeksi COVID-19 dengan tidak sengaja menyentuh benda yang terkontaminasi cairan tersebut kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk menjaga jarak aman dengan orang lain ketika berada di area publik sekitar 1,5 hingga 2 meter.

Baca Juga: Sebut Hampir Semua Kecamatan Ada Corona, Anies Bikin Panik Warga?

Imbasnya sejumlah obyek wisata di dunia ditutup sementara waktu. Langkah ini diambil guna membatasi kerumunan yang bisa dengan cepat menularkan COVID-19, di antaranya Tembok Besar China (China), Tokyo Disneyland (Jepang), Taman Rekreasi Legend Siam (Thailand), Museum Nasional Korea (Korea Selatan) dan Museum Lovre (Perancis).

Di sisi lain, guna menangkal penularan COVID-19, pemerintah daerah (Pemda) mengambil langkah cepat. Salah satunya dengan membatasi penumpukan massa di beberapa area publik.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta mengatakan, akan menutup beberapa obyek wisata di DKI Jakarta untuk pembersihan dan mengurangi penumpukan massa.
 
"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menutup obyek-obyek wisata yang yang dikelola oleh Pemprov Jakarta selama dua pekan mulai 14 Maret hingga 29 Maret 2020 dan meniadakan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor untuk 2 pekan ke depan," kata Anies, dikutip dari laman bnpb.go.id, Sabtu (14/3/2020).

Langkah itu dilakukan, ungkap Anies, dengan melakukan pembersihan menggunakan cairan disinfektan serta mengurangi kerumunan masa. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan di tempat umum sebagai salah satu cara pencegahan penyebaran COVID-19," tukas Anies. 
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0