Sampai Indonesia, Baju dan Barang WNI dari Wuhan Dimusnahkan :: Nusantaratv.com

Sampai Indonesia, Baju dan Barang WNI dari Wuhan Dimusnahkan

Meski dipastikan tak terserang virus corona, prosedur ketat diberlakukan terhadap WNI dari Wuhan
Sampai Indonesia, Baju dan Barang WNI dari Wuhan Dimusnahkan
Warga yang ditangani tim medis terkait virus corona. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah memastikan warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China, dalam kondisi sehat atau tak terinfeksi virus corona. 

Baca juga: Demi Dievakuasi di Wuhan, WNI Bepergian 542 KM 

"Mereka yang dipulangkan betul-betul sehat. Jika tidak sehat, otoritas China pasti tidak mengizinkan. Pemeriksaan sebelum masuk pesawat dilakukan secara berlapis," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Sabtu (1/2/2020).

Meski begitu, saat tiba di Indonesia pemeriksaan ketat kembali diberlakukan terhadap mereka. Di pesawat Batik Air yang mengangkut mereka, tenaga medis juga telah disiagakan. 

"Di dalam pesawat pun pemerintah RI menyiapkan dokter dan tenaga medis dengan kualifikasi khusus. Saat mendarat di Tanah Air, berlaku lagi aturan ketat," jelas Doni.

"Semua barang, pakaian, dari China akan digantikan dengan pakaian baru di Indonesia. Barang-barang bawaan, perlengkapan mereka, langsung dimusnahkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," imbuhnya. 

Prosedur ketat bagi WNI dari Wuhan ini, kata Doni sebagai upaya pemerintah memastikan semua warga negara terlindungi.

"Seluruh WNI yang dipulangkan sudah melalui rangkaian proses pemeriksaan kesehatan. Dalam hal ini, apabila terindikasi demam, WNI bersangkutan tidak boleh keluar dari Wuhan," jelas Doni.

Pemerintah telah menyiapkan hanggar di kawasan Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau, sebagai tempat observasi WNI yang dievakuasi dari Wuhan. Lokasi observasi ini dipastikan jauh pemukiman penduduk. (Detik)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0