Polisi Imbau Masyarakat Natuna Tak Tolak WNI dari Wuhan :: Nusantaratv.com

Polisi Imbau Masyarakat Natuna Tak Tolak WNI dari Wuhan

Virus corona menurutnya takkan mampu bertahan di cuaca panas
Polisi Imbau Masyarakat Natuna Tak Tolak WNI dari Wuhan
Masyarakat Natuna yang menolak karantina dilakukan di wilayahnya. (Antara)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kepolisian mengimbau masyarakat Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) tak khawatir keberadaan WNI yang dikarantina di wilayah itu, akan menularkan virus corona dari Wuhan, China. Sebab sejauh ini belum ada WNI terpapar virus yang telah merenggut nyawa 304 orang itu. 

Baca juga: Tiga WNI Gagal Dievakuasi, Terjangkit Virus Corona? 

Menurut Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Harry Goldenhardt, virus corona takkan bisa hidup dan berkembang di Indonesia, karena tak tahan akan cuaca lnya yang panas. Pernyataannya merupakan hasil penelitian ahli mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr R. Fera Ibrahim. 

Sementara menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu rata-rata di Indonesia paling tinggi adalah 35-37 derajat celcius.

"Menurut dr R. Fera hal ini dikarenakan pengaruh iklim tropis, karena sinar matahari itu membantu juga kita untuk inaktifkan virus," ujar Harry, Minggu (2/2/2020). 

Berdasarkan pengalaman wabah virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dulu, kata dia masyarakat Indonesia juga tak ada yang terinfeksi.

"Berdasarkan yang sudah diteliti sinar matahari itu mampu me-inaktifkan virus. Jadi kalau virusnya yang terpercik (batuk atau bersin) itu terkena sinar matahari, dia bisa inaktif. Tidak akan menginfeksi manusia, tapi tetap pola hidup sehatnya harus bagus," jelasnya.

Adapun WNI yang telah tiba di Banda Hang Nadim, Batam sendiri menurut Harry telah diterbangkan ke Natuna. Hal ini dilakukan setelah pesawat transit sementara, dan dilakukannya observasi terhadap 238 WNI tersebut. 

Rencananya, mereka akan dibawa ke rumah sakit di pangkalan militer di Natuna. Di lokasi itu mereka akan dikarantina selama 14 hari.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0