Penggunaan Pil KB Bisa Memicu Risiko Kanker Serviks pada Wanita :: Nusantaratv.com

Penggunaan Pil KB Bisa Memicu Risiko Kanker Serviks pada Wanita

Pil KB Mengandung Sintetis dari Dua Hormon yang Diproduksi Secara Alami Dalam Tubuh Wanita yaitu Estrogen dan Progestin
Penggunaan Pil KB Bisa Memicu Risiko Kanker Serviks pada Wanita
Ilustrasi pil KB/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Penggunaan pil KB menjadi salah satu faktor risiko dari seorang wanita untuk terkena penyakit Kanker Serviks.

Ketua Perhimpunan Dokter Onkologi dan Ginekologi Indonesia, Prof dr Andrijono SpOG menjelaskan bahwa pil KB memang merupakan cara untuk mencegah kehamilan yang efektif.

Perlu diketahui, pil KB mengandung sintetis dari dua hormon yang diproduksi secara alami dalam tubuh wanita yaitu estrogen dan progestin.

Baca Juga: Pil KB kurangi risiko kanker, mitos atau fakta?

"Estrogen dianggap sebagai karsinogenik dan memicu berbagai jenis kanker termasuk payudara, ovarium dan juga leher rahim (serviks)," ujar Andrijono seperti dilansir dari Kompas.com di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Meski demikian, Andri menegaskan bahwa peningkatan pada estrogen sebagai karsinogenik tidak menjadi faktor utama dari penyebab kanker serviks, melainkan hanya menjadi sebuah pemicu dari kanker serviks.

Dikutip dari situs Hello Sehat, konsumsi pil KB selama lima tahun atau bahkan lebih, diketahui dapaat meningkatkan risiko mengalami kanker serviks.

Meskipun belum diketahui secara jelas, namun penggunaan pil KB memungkinkan kemampuan tubuh si penggunanya menurun sehingga akan sulit untuk melawan infeksi Human ppapillomavirus (HPV) yang menjadi penyebab utama kanker serviks. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0