Peneliti Sebut AC Lebih Masif Sebarkan Virus Corona :: Nusantaratv.com

Peneliti Sebut AC Lebih Masif Sebarkan Virus Corona

Hal ini diketahui setelah ditemukan virus corona di saluran udara rumah sakit pasien corona
Peneliti Sebut AC Lebih Masif Sebarkan Virus Corona
Ilustrasi AC. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Di samping lewat uang, virus corona rupanya bisa tersebar melalui pendingin udara atau air conditioner (AC). Penyebaran melalui medium tersebut bahkan diperkirakan lebih luas jangkauannya daripada melalui jalur lain. 

Baca Juga: Hotel Tempat Karantina Pasien Corona di China Ambruk, 70 Orang Terjebak 

Hal ini diketahui setelah para ilmuwan 
menemukan jejak virus yang memiliki nama lain Covid-19 ini di saluran udara rumah sakit.  

Kesimpulan ini diperkuat hasil analisis
para ahli di National Centre for Infectious Diseases di Singapura, saat pembersihan kamar rawat yang dipakai tiga pasien corona. 

Mereka menemukan jejak virus corona pada saluran udara yang terhubung ke ruangan salah satu pasien, yang dianggap hanya menderita gejala ringan. 

Ada sebuah tetesan kecil yang penuh virus, yang bisa dipindahkan oleh aliran udara seperti dari AC, dan mengendap di ventilasi. 

Analisis virus corona bisa tersebar melalui AC, juga diperkuat oleh penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association. 

Jurnal ini muncul tak lama usai 142 warga Inggris terperangkap di kapal pesiar Princess Cruise yang menjalani pengujian corona, di lepas pantai California.

Otoritas kesehatan memang mencurigai kapal-kapal pesiar sebagai pusat lainnya dalam penyebaran corona, setelah adanya kasus positif corona di kapal Princess Diamond dan World Dream. 

Di kapal pesiar sendiri penggunaan udara daur ulang melalui sistem AC merupakan hal yang kerap dilakukan. Hal

"Masalahnya adalah bahwa sistem ini tidak dapat menyaring partikel yang lebih kecil dari 5.000 nanometer," ujar Profesor James G. Dwyer, dari Purdue University di Indiana, Amerika Serikat. 

Sejauh ini ukuran virus corona memang belum diketahui. Namun, penyakit pernapasan sejenis seperti, SARS, ukuran virusnya hanya sebesar 120 nanometer.

Menurut Dwyer, jika corona memiliki ukuran yang sama dengan SARS, sistem pendingin udara pada AC akan membawa virus ke setiap kabin kapal. 

"Kapal pesiar bisa meminimalkan masalah ini dengan hanya menggunakan udara luar dan tidak mengedarkannya," jelasnya. 

Di sisi lain, maskapai penerbangan menyebut bahwa sistem pendingin udara mereka cocok untuk mencegah penyebaran virus corona di kabin. Seperti maskapai penerbangan Etihad, yang mengatakan sistem AC mereka sama kedapnya dengan ruang operasi rumah sakit. 

"Di daerah terbatas mana pun, ada risiko tertular penyakit dari orang lain," kata  sebuah maskapai.

"Namun, risikonya dianggap lebih rendah di pesawat karena penggunaan filter udara partikulat efisiensi tinggi, yang efektif dalam menangkap lebih dari 99 persen mikroba di udara dalam udara yang disaring," sambungnya. (Telegraph) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0