Peneliti Buat Benang Dari Kulit Manusia untuk Jahit Luka :: Nusantaratv.com

Peneliti Buat Benang Dari Kulit Manusia untuk Jahit Luka

Peneliti Berhasil Membuat Benang Dari Kulit Manusia yang Dapat Digunakan untuk Menjahit Orang Setelah Menderita Luka Besar.
Peneliti Buat Benang Dari Kulit Manusia untuk Jahit Luka
Peneliti berhasil membuat benang dari kulit manusia. (Daily Star)

Jakarta, Nusantaratv.com - Para ilmuwan membuat terobosan luar biasa. Mereka berhasil menciptakan benang dari sel kulit manusia. Yakni the French National Institute of Health and Medical Research di Bordeaux, Perancis, yang membuat penemuan dengan nama tekstil manusia.

Menurut sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal 'Acta Biomaterialia', peneliti Perancis mengatakan mereka telah membuat 'benang' dari kulit manusia yang dapat digunakan untuk menjahit orang setelah menderita luka besar.

Tekstil manusia, seperti namanya, suatu saat bisa menggantikan produk sintetis yang digunakan saat ini yang terkadang bisa memicu sistem daya tahan tubuh manusia dan memperumit proses penyembuhan, lapor Science Alert, seperti dilansir dari New York Post, Kamis (6/2/2020).

Produk ini diharapkan bisa menjadi produk perintis untuk mengganti cara cangkok kulit dan prosedur yang lebih berisiko. Para peneliti menciptakan benang itu dengan memotong sel kulit manusia menjadi irisan tipis dan merajutnya menjadi benang. Benang ini sendiri bisa dipakai dalam berbagai bentuk.

Baca Juga: Tak Hanya Dettol, Ini Sederet Produk Rumah Tangga yang Disebut Bisa Cegah Virus Korona

"Kita bisa menjahit kantong, membuat tabung, katup, dan membran berlubang," kata ketua peneliti Nicholas L'Heureux kepada New Scientist. "Dengan benang itu, semua pendekatan tekstil layak dilakukan: merajut, mengepang, memintal, bahkan merenda," lanjutnya.

Para peneliti memotong lembaran sel kulit manusia menjadi strip panjang seperti benang dan berhasil dipakai untuk menjahit luka pada hewan. Mereka menjahit luka tikus dan sembuh dalam dua minggu.

Benang itu juga digunakan untuk menutup pembuluh darah domba yang bocor saat digabungkan dengan lembaran biomaterial lain yang dibuat peneliti. Gabungan dua produk itu bisa diubah menjadi pembuluh darah. Hal ini bisa menjadi terobosan baru di dunia bedah jantung.

"Dengan menggabungkan bahan biomaterial yang benar dengan perakitan berbasis tekstil. Pendekatan rekayasa jaringan asli ini sangat fleksibel dan dapat menghasilkan berbagai tekstil manusia yang kuat yang dapat dengan mudah diintegrasikan dalam tubuh," demikian abstraksi tim dalam artikelnya.
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0