Pemerintah RI Wanti-wanti Status Oranye Virus Corona Singapura :: Nusantaratv.com

Pemerintah RI Wanti-wanti Status Oranye Virus Corona Singapura

Status oranye berarti kondisi wabah corona di negara itu parah, namun penularannya terbatas
Pemerintah RI Wanti-wanti Status Oranye Virus Corona Singapura
Singapura. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah Indonesia memperingatkan peningkatan status kesehatan di Singapura menyikapi mewabahnya virus corona di negara itu. Singapura saat ini berada dalam kondisi Disease Outbreak Response System Condition (DORSCON) Oranye.

Baca juga: Bela WNI yang Ditolak di Natuna, China: Tindakan Tak Perlu 

"Pemerintah Singapura melalui MoH (Kementerian Kesehatan) telah meningkatkan penilaian resiko coronavirus dari DORSCON Kuning ke DORSCON Oranye," tulis Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, Jumat (7/2/2020).

Singapura kini menangani wabah virus corona dipandu oleh kerangka kerja DORSCON.

DORSCON memperhitungkan beberapa aspek, meliputi situasi penyakit saat ini di luar negeri, seberapa besar kemungkinan penyakit itu tiba di Singapura, serta apa dampaknya terhadap masyarakat setempat.

Peningkatan status berlaku hari ini, semenjak Kementerian Kesehatan Singapura menyebut ada tiga kasus positif virus corona baru.

Total, sudah ada 33 kasus positif virus corona yang dikonfirmasi MoH.

"(Peningkatan ini seiring) dengan bertambahnya jumlah positif corona virus di Singapura dan semakin meningkatnya transmisi antar manusia yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke RRT (China) atau tidak berkaitan dengan kasus positif coronavirus sebelumnya," lanjut KBRI Singapura.

Ada empat fase atau level yang ada pada di DORSCON, antara lain hijau, kuning, oranye dan merah. Hijau artinya hanya ada masalah kecil.

Kuning bermakna adanya infeksi ringan di masyarakat Singapura, namun aecara umum kehidupan masih berjalan seperti biasa.

Atau infeksi parah yang tak menyebar di Negeri Singa, namun masyarakat perlu waspada.

Oranye artinya penyakit ini parah dengan penularan, namun umumnya terbatas. Lalu memiliki dampak kesehatan masyarakat yang sedang sampai tinggi.

Sementara merah artinya pandemi sudah tak terkendali.

Singapura sebelumnya pernah mengaktifkan warna DORSCON Oranye, kala menghadapi wabah SARS pada tahun 2003 silam.

Pemerintah Indonesia sebelumnya mengimbau warganya untuk menunda perjalanan Singapura, menyusul turut mewabahnya virus corona di negara itu. Pemeriksaan orang-orang dari negara pimpinan Presiden Halimah Yacob itu juga diperketat.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0