Mengenal Avigan dan Chloroquine, Obat Pesanan Presiden untuk Covid-19 di Indonesia :: Nusantaratv.com

Mengenal Avigan dan Chloroquine, Obat Pesanan Presiden untuk Covid-19 di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memesan obat Avigan dan Chloroquine untuk mengobat pasien positif terinfeksi corona.
Presiden Joko Widodo memesan obat Chloroquine dan Avigan untuk mengobati pasien positif terinfeksi corona./youtube.com

“Ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan jelas efektif dalam perawatan,” kata Zhang.

Enggak cuma itu, sinar-X mengonfirmasi peningkatan kondisi paru-paru pada 91% pasien yang diobati dengan Favipiravir atau Avigan, dibandingkan dengan 62% pasien lainnya yang tidak menggunakan obat tersebut. 

Otoritas medis di China juga mengatakan obat yang digunakan di Jepang untuk mengobati jenis baru Influenza ini tampaknya efektif pada pasien COVID-19. Oleh karena itu, Avigan masih terus dikembangkan dan para ilmuwan tengah menunggu hak paten obat tersebut agar bisa mengembangkan obat generiknya.

Adapun untuk obat Chloroquine, sebelumnya digunakan untuk mengobati malaria, mengutip dari laman en.m.wikipedia, selain malaria, obat ini juga terkadang digunakan untuk penyakit amebiasis, rheumatoid arthritis, dan juga lupus erythematosus. Obat ini merupakan kandidat potensial untuk obat SARS-CoV-2, singkatnya sebagai obat virus Corona.

Baca Juga: 12 Negara yang Telah Terapkan Lockdown, No. 3 Tak Ada Kasus Corona

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pernah mengatakan Chloroquine mampu membunuh virus Corona. Trump juga mengatakan kalau obat tersebut telah menunjukkan hasil yang memuaskan. Ia juga menyebut Food and Drug Agministration (FDA) telah menyetujui penggunaan Chloroquine.

“Ini menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan-sangat menggembirakan. Dan kita dapat membuat obat itu tersedia segera. Dan disitulah FDA begitu hebat, itu telah disetujui...Jadi kita akan dapat membuat obat itu tersedia dengan resep atau negara,” katanya seperti dikutip dari CNN.

 

Sebelumnya Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0