Mengenal Avigan dan Chloroquine, Obat Pesanan Presiden untuk Covid-19 di Indonesia :: Nusantaratv.com

Mengenal Avigan dan Chloroquine, Obat Pesanan Presiden untuk Covid-19 di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memesan obat Avigan dan Chloroquine untuk mengobat pasien positif terinfeksi corona.
Presiden Joko Widodo memesan obat Chloroquine dan Avigan untuk mengobati pasien positif terinfeksi corona./youtube.com

Nusantaratv.com - Wabah virus corona di Indonesia semakin hari semakin mengkhawatirkan, berita terbaru per Sabtu (21/3/2020) korban positif terinfeksi virus corona di Indonesia berjumlah 450 orang dan korban meninggal ada 38 orang.

Prihatin dengan situasi dan kondisi saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memesan jutaan obat untuk mengobati para pasien yang terinfeksi akibat SARS-Co V-2 tersebut. Nama obat yang dipesan diantaranya Avigan dan Chloroquine.

“Obat pertama yang akan didatangkan adalah obat flu Avigan. Kita telah mendatangkan lima ribu, akan kita coba dalam proses pemesanan dua juta. Sementara itu, obat kedua adalah Chloroquine yang telah disiapkan sebanyak tiga juta,” kata Presiden Jokowi, Jumat (20/3/2020) kemarin.

Seperti yang dikutip dari laman en.wikipedia.com, Sabtu (20/3/2020) Avigan atau Favipiravir merupakan anti-virus yang secara selektif dan berpotensi menghambat RNA-dependent RNA-polimerase (RdRp) dari virus RNA. Avigan sendiri dikembangkan oleh Fujifilm pada 2014 silam dan telah diuji coba kepada manusia yang terinfeksi virus corna COVID-19 sejak Februari lalu.

Baca Juga: Rapid Test Corona Massal Digelar, Sondang Tampubolon: Terima Kasih Presiden

Mengutip dari laman The Guardian, seorang pejabat di kementerian ilmu pengetahuan dan teknologi China, Zhang Xinmin mengatakan, obat yang dikembangkan oleh anak perusahaan Fujifilm ini mampu menyembuhkan pasien dalam uji klinis di Wuhan dan Shenzn yang melibatkan 340 pasien.

Pasien yang diberi obat tersebut di Shenzan berubah menjadi negatif setelah sebelumnya positif terinfeksi virus dalm waktu empat hari. Dibandingkan dengan pasien yang terjangkit virus selama 11 hari dan enggak diobati dengan Avigan.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0