Manfaat Menangis yang Jarang Diketahui :: Nusantaratv.com

Manfaat Menangis yang Jarang Diketahui

Menurut para pakar menangis ternyata membawa sejumlah manfaat bagi manusia
Manfaat Menangis yang Jarang Diketahui
(Yougov)

Nusantaratv.com- Menangis adalah ekpresi jiwa. Seseorang yang menangis, tak selalu menandakan bahwa ia sedang dilanda kesedihan. Namun ada juga yang menangis karena bahagia. 

Bahkan, menurut para pakar  menangis ternyata membawa sejumlah manfaat bagi manusia. Lalu, apa saja? 

Menangis dapat meningkatkan mood Anda

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa biasanya Anda merasa jauh lebih baik setelah menangis? Ada alasan untuk itu. 

Ketika kita menangis, kita sebenarnya melepaskan racun dan hormon yang tak terhitung jumlahnya yang berkontribusi pada peningkatan tingkat stres. Itulah mengapa biasanya Anda merasa jauh lebih baik setelah  menangis. 

Ini pada gilirannya dapat membantu individu untuk tidur lebih baik, memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka, dan menghindari kenaikan berat badan. Dengan menurunkan tingkat stres kita, menangis juga dapat membantu menurunkan tekanan darah kita.

Menangis dapat meningkatkan penglihatan Anda

 Mata kita tidak jauh berbeda dari bagian tubuh kita yang lain, mereka juga membutuhkan air agar tetap terhidrasi.

 Ketika kita menangis, kita benar-benar membantu melembabkan kembali mata kita yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kita untuk memfokuskan mata kita dan meningkatkan penglihatan kita secara keseluruhan.

Menangis dapat membantu melindungi mata Anda

Setiap hari kita mengekspos diri kita kepada ribuan, jika tidak jutaan, partikel debu, kotoran, dan puing-puing lainnya. 

Partikel-partikel ini seringkali terlalu kecil untuk kita lihat, namun mereka dapat dan memang masuk ke mata kita. Ini dapat menyebabkan iritasi dan berpotensi membahayakan mata kita dan pada gilirannya, penglihatan kita. Ketika kita menangis, mata kita sebenarnya membersihkan diri mereka sendiri yang dapat membantu menghilangkan iritasi ini dan melindungi mata kita. Selain itu, air mata mengandung lisozim, bahan kimia anti bakteri yang kuat yang membantu melawan infeksi.

Menangis juga bisa membantu membersihkan hidung kita

Sangat sedikit orang yang menyadarinya, tetapi saluran air mata kita sebenarnya terhubung ke bagian dalam hidung kita. 

Ini berarti, ketika kita menangis, kita mendapatkan manfaat yang sama dengan membuang bakteri dan iritasi dari hidung kita seperti halnya dengan mata kita.

Menangis dapat memperkuat hubungan kita dengan orang lain

Ya, menangis memang membuat kita merasa lebih rentan dan kita sering mencoba menghindari menangis di depan orang lain dengan cara apa pun. 

Ketika kita tidak bisa menahannya lagi, kita sering merasa malu atau malu. Namun, menangis di depan orang lain seharusnya tidak dipandang sebagai hal yang buruk.

Ketika kita menangis di depan orang lain, kita mengundang mereka untuk melihat sisi lain dari kita. Mereka dapat melihat perasaan dan emosi kita dengan cara yang tidak bisa digambarkan oleh kata-kata.

 Ini dapat menciptakan ikatan emosional yang lebih dalam antara keluarga, teman, dan orang-orang di sekitar kita.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0