Kesehatan Jadi Ukuran Keberhasilan Pembangunan :: Nusantaratv.com

Kesehatan Jadi Ukuran Keberhasilan Pembangunan

Kesehatan merupakan Ukuran Keberhasilan Pembangunan
Kesehatan Jadi Ukuran Keberhasilan Pembangunan
Mendagri Tito Karnavian/ Kemendagri

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut masalah kesehatan dan penanganannya merupakan ukuran keberhasilan sebuah pembangunan. Sebab, pembangunan yang dikatakan sukses dan berhasil tak luput dari masalah kesehatan masyarakatnya. 

"Masalah kesehatan ini merupakan ukuran keberhasilan pembangunan di negara maupun Kabupetan/Kota. Khusus kesehatan, Presiden menggenjot habis-habisan bahkan pas kita kumpul kemarin dalam Rakornas (13/11/2019) beliau juga menekankan betul soal kesehatan ini, ini harus kita dukung bersama oleh Pemerintah Pusat, Kemendagri juga akan all out dukung Pak Menkes, Pemerintah  Daerah juga harus dukung, kita harus 1 visi," ujar Mendagri di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Baca Juga: Atasi Stunting, Moledoko Usul Tiap Keluarga Pelihara Ayam

Menurutnya, terdapat empat aspek untuk menunjang sebuah kabupaten/kota yang dapat memenuhi kategori sehat, diantaranya street security, infrastructure security, digital security, dan health security. Keempat variabel tersebut  juga perlu didukung dengan kemauan dan kemampuan kepala daerah dalam memimpin wilayahnya.

"Street security yaitu keamanan jalannya, apakah banyak copet atau begal; infrastructure security berkaitan dengan infrastrukturnya apakah memadai atau tidak, misalnya ketersediaan listrik, air yang memadai, dan lainnya. Digital Security berkenaan dengan adakah sistem digital yang mengamati. Kemudian health security ini banyak sekali variabelnya dari mulai kebersihan, apakah terbebas dari sampah, gedung-gedungnya seperti apa kebersihan toiletnya, dan lain sebagainya," kata mendagri.

Mendagri kembali menekankan bahwa pencegahan atau upaya preventif sangat diperlukan dan lebih baik dari penindakan. Untuk itu, berkaitan dengan health security, kepala daerah diminta untuk melakukan kegiatan dan pengecekan kebersihan dan kesehatan sebagai upaya preventif.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0