Kenali Gejala GERD dan Cara Mengatasinya :: Nusantaratv.com

Kenali Gejala GERD dan Cara Mengatasinya

Sering mengalami mulut terasa asam disertai rasa perih di dada hingga ke tenggorokan? Bisa jadi itu adalah gejala GERD.
Kenali Gejala GERD dan cara mengatasinya./nakedpress.co

Nusantaratv.com - Berpulangnya Ashraf Sinclair pada usia 40 tahun menyisakan kekagetan di antara kerabat dan keluarga. Suami selebritas Bunga Citra Lestari (BCL) ini meninggal akibat serangan jantung pada Selasa (18/2) dini hari. Pasalnya, ia tak memiliki riwayat penyakit serius.

Dikutip dari Medical News, nyeri pada dada adalah salah satu gejala serangan jantung. Kendati begitu, gejala ini juga lazim terjadi untuk penyakit lain, yakni pada gastroesophageal reflux disease alias GERD.

Lantas bagaimana membedakan nyeri dada karena gangguan pada jantung atau GERD?

Sering mengalami mulut terasa asam disertai rasa perih di dada hingga ke tenggorokan? Bisa jadi itu adalah gejala GERD. 

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah.

Baca Juga: Penyebab, Gejala, & Pengobatan Asam Lambung Tinggi

Normalnya, katup ini akan terbuka untuk memungkinkan makanan serta minuman masuk menuju lambung dan dicerna. Setelah makanan atau minuman masuk ke lambung, katup ini akan tertutup kencang guna mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan.

Namun pada penderita GERD, katup ini melemah, sehingga tidak dapat menutup dengan baik. Hal ini mengakibatkan isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan.

Apabila kondisi ini terjadi terus-menerus, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan dan lama kelamaan menjadi lemah.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0