Bahaya Hand Sanitizer Jika Terlalu Sering Menggunakannya :: Nusantaratv.com

Bahaya Hand Sanitizer Jika Terlalu Sering Menggunakannya

Beberapa waktu lalu masyarakat kesulitan mencari masker, kini hand sanitizer menjadi produk yang dicari oleh masyarakat untuk menghindari covid-19.
Bahaya Hand Sanitizer Jika Terlalu Sering Menggunakannya
Hand sanitizer, penggunaannya tidak boleh berlebihan./katta.id

Nusantaratv.com - Kalau beberapa waktu lalu masyarakat kesulitan mencari masker, kini hand sanitizer menjadi produk yang banyak dicari oleh masyarakat untuk menghindari terjangkit virus corona atau Covid-19.

Kini dimana-mana terlihat hand sanitizer menempel di dinding-dinding perkantoran maupun di tempat-tempat umum. Kebutuhan akan hand sanitizer dirasakan oleh setiap orang. Namun, apakah kalau terlalu sering menggunakan hand sanitizer tidak ada pengaruhnya terhadap kesehatan kulit tangan?

Dilansir dari kompas.com, Ketua Magister Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr dr Dewi Sumaryani Soemarko MS SpOK, mengatakan kalau terlalu sering menggunakan cairan hand sanitizer untuk membersihkan tangan akan membuat kulit tangan cepat kering.

“Setidaknya kalau pakai antiseptik (hand sanitizer) sudah lima kali, itu haruslah cuci tangan dengan sabun,” kata Dewi dalam acara bertajuk “Wabah Covid-19 Positif di Indonesia, Bagaimana Selanjutnya?” katanya, Kamis (5/3).

Baca Juga: 'Fergie Time’ Strategi Memenangkan Pertandingan ala Alex Ferguson

Lebih lanjut Dewi menjelaskan, bahwa meskipun kandungan alkohol yang terdapat pada cairan hand sanitizer dapat membunuh kuman, namun itu masih belum menggaransi jika kuman dapat dimatikan secara keseluruhan. Untuk itu, ia tetap menganjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun agar lebih steril dan dapat mengembalikan kelembapan kulit.

“Ada pelarut alkohol. Kulit mudah kering dan kalau keringnya keseringan bisa bikin luka. Makanya harus seimbang,” ujar Dewi.

Karenanya disarankan, sebaiknya dalam hal menggunakan hand sanitizer tidak berlebihan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari efek samping seperti kulit kering. Untuk itu disarankankan setelah menggunakan hand sanitizer, disarankan menggunakan lotion pelembap agar kulit tidak kering.

Sumber: jitunews.com

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0